Senin, 28 November 2011

.::Ciri - ciri Virus Komputer::.

Ciri - ciri pada virus komputer sama halnya dengan virus yang dipelajari pada Biologi. Virus itu unik. Di luar sel hidup yang diinvasinya, virus dapat dikatakan benda mati. Saat berada di luar sel hidup, virus mengkristal. Ketika menginvasi sel hidup, virus menjadi benda hidup yang berkembang biak.

Jenis virus yang diketahui jumlahnya banyak. Virus, pada umunya, bersifat merugikan. Virus bersifat merugikan karena dapat menimbulkan penyakit, baik pada manusia, hewan, maupun tumbuhan.
Bahkan, ada virus yang menyerang hewan dapat menular dan membahayakan manusia. Di antaranya, virus flu burung dan rabies. Kedua jenis virus tersebut dapat menular dan mengakibatkan kematian.

Nah, begitu juga virus komputer, saat tidak menginfeksi virus hanyalah program biasa, namun ketika virus telah menginfeksi korban alias komputer maka sejak saat itulah sang virus mulai bergrilya di tubuh korbannya. Bila virus telah menyerang, dia dapat merusak atau bahkan membunuh/merusak perangkat pada komputer korban. Misalnya RAM, Harddisk, atau komponen lainnya, bagaimana itu bisa terjadi ????
(akan penulis bahas di posting selanjutnya.....^^)

Virus sedikitnya memiliki kriteria seperti dibawah ini:
1.Kemampuan virus untuk beradaptasi
2.Kemampuannya untuk mempertahankan diri
3.Kemampuannya untuk menggandakan diri

Kemampuan untuk beradaptasi
Bila suatu virus telah menginfeksi komputer, sang virus akan menyelinap masuk diantara data - data yang kita miliki. Tak jarang virus dapat mengambil informasi - informasi yang ada pada komputer kita, misal adakah antivirus dikomputer korban, adakah virus lain didalamnya, atau yang paling parah adakah data pada komputer korban yang sangat menguntungkan ????....

Kemampuan mempertahankan diri
Beberapa virus mempertahankan dirinya dengan terlebih dahulu mengenal komputer korban, seperti yang dijelaskan diatas. Suatu virus bila ia terancam akan dihapus oleh korbannya, tak jarang ada yang langsung meRestart komputer korbannya, tak jarang juga bila virus terdeteksi dan dihapus oleh korban itu hanyalah copy dari induk virus (virus yang sebenarnya). Beberapa juga dapat mengubah dirinya menjadi program non virus, biasanya virus ini salah satu tipe virus Polymorphic, yang dapat mengubah - ubah struktur dari programnya. Dan, ada juga yang mempertahankan dirinya dengan menyembunyikan diri didalam data - data lain atau di dalam sistem itu sendiri, seperti halnya Virus MBR, suatu virus yang menyerang Master Boot Record dari Harddisk korban, juga ada yang menyembunyikan diri pada memori RAM, sehingga meski kita install ulang pun virus ini akan tetap bercokol di komputer kita, salah satu virus ini telah menyerang penulis saat penulis duduk di bangku SMP, penulis percaya ini adalah tipe virus generasi pertama, kenapa ??? sampai saat ini penulis belum menemukan virus bertipe ini lagi.
Banyak code source virus bertebaran di internet, dan terlebih lagi Orang Iseng yang menduplikasi dg sdikit mengubah source tersebut menjadi tipe virus berbeda.

Kemampuan untuk menggandakan diri
Untuk mempertahankan dirinya, seperti penjelasan diatas, tidak sedikit yang menggandakan dirinya alias memperbanyak dengan menginfeksi data lain agar dapat bertindak seperti dirinya.
Inti dari virus adalah kemampuan mengandakan diri dengan cara menulari program lainnya. Suatu virus apabila telah menemukan calon korbannya (baik file atau program) maka ia akan menegenalinya dengan memeriksanya, jika belum terinfeksi maka sang virus akan memulai aksinya untuk menulari dengan cara menuliskan byte pengenal pada program/file tersebut, dan seterusnya mengcopikan/menulis kode objek virus diatas file/program yang diinfeksi.

Beberapa cara umum yang dilakukan oleh virus untuk menulari/menggandakan dirinya adalah:
•File/Program yang akan ditulari dihapus atau diubah namanya.kemudian diciptakan suatu file menggunakan nama itu dengan menggunakan virus tersebut (maksudnya virus mengganti namanya dengan nama file yang dihapus)
•Program virus yang sudah di eksekusi/load ke memori akan langsung menulari file file lain dengan cara menimpa seluruh file/program yang ada.




Tidak ada komentar: